MAN 2 Mojokerto Mengadakan Diklat Jurnalistik Mendatangkan PWI sebagai Narasumber

Majalah FAST MAN 2 Mojokerto sudah berdiri sejak 2007 dan kegiatan pelatihan jurnalistik menjadi kegiatan rutin tahunan untuk mencetak jurnalis-jurnalis sekolah yang smart dan memiliki visi  mencerdaskan pembaca.

CAPTWAPRI.ID. Majalah FAST MAN 2 Mojokerto sudah berdiri sejak 2007 dan kegiatan pelatihan jurnalistik menjadi kegiatan rutin tahunan untuk mencetak jurnalis-jurnalis sekolah yang smart dan memiliki visi mencerdaskan pembaca.

Dalam kegiatan tahunan tersebut narasumber dari berbagai media telah diundang untuk berbagi ilmu dan keterampilan berkaitan dengan jurnalistik. Seperti menulis reportase, teknik wawancara, menulis esai, opini, dan fotografi jurnalistik. Dengan pembekalan itulah jurnalis FAST MAN 2 Mojokerto mengisi berbagai rubrik di majalah FAST yang terbit tiap semester.

Termasuk kegiatan yang berlangsung pada Sabtu, 25 Februari 2023 kemarin dengan pemateri dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Mojokerto. Dengan mengangkat tema “Meningkatkan Potensi Jurnalistik di Era Digital” Nyoto Wibowo selaku pemateri menyampaikan bahwa berita yang ditulis berupa informasi yang benar dan juga dapat mendidik masyarakat dengan kaidah 5W+1H harus memiliki sudut pandang  ciri khas seorang wartawan.

Kegiatan  jurnalistik ini  diikuti sekitar 60 peserta siswa-siswi MAN 2 Mojokerto dari kelas X,XI, dan XII yang menjadi kru Majalah FAST. Dengan harapan pembekalan dalam kegiatan ini menjadikan mereka memiliki kemampuan menulis jurnalistik yang bisa bermanfaat sebagai salah satu cara tingkatkan keterampilan menulis mereka terutama di bidang jurnalistik.

Kegiatan yang berlangsung di Aula Lantai III Gedung Pusat Sumber Belajar sejak pukul 08.30 sampai 15.00 berlangsung lancar dan interaktif. Tanya jawab seputar pengetahuan jurnalistik  kepada narasumber sangat berisi dan berkualitas. Kebanyakan seputar teknis menggali informasi dan menentukan angle. Selain bimbingan langsung dari ahlinya, dalam tindak lanjutnya, peserta juga dibimbing oleh Pembina rubrik yang akan mengarahkan mereka dalam mengisi konten-konten berkualitas pada edisi majalah FAST berikutnya.***(NISA)

 

Penulis: Nisa

Editor : Fatatik M

 

Yuk, ikuti lini masa Instagram captwapri untuk mendapatkan informasi terbaru lainnya!

Baca juga: