Oleh : M. Makhi, S.Pd.I., M.Pd.I.
Kepala MTsN 15 Jombang
CAPTWAPRI.ID-Pembelajaran di era modern tidak lagi sekadar transfer ilmu dari guru ke siswa, melainkan harus memberikan pengalaman yang bermakna bagi siswa. Konsep kebermaknaan belajar kini menjadi kunci dalam menciptakan generasi yang tidak hanya cerdas secara akademis, tetapi juga memiliki keterampilan hidup, sikap spiritual, dan sosial yang baik. MTsN 15 Jombang sebagai salah satu madrasah yang berkomitmen pada pendidikan berkualitas, telah menerapkan berbagai program untuk mewujudkan kebermaknaan belajar dalam proses pendidikannya.
Kebermaknaan Belajar: Apa dan Mengapa?
Kebermaknaan belajar adalah suatu pendekatan di mana siswa tidak hanya memahami materi secara kognitif, tetapi juga mampu mengaitkan pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, pembelajaran menjadi relevan, kontekstual, dan aplikatif.
Bagi MTsN 15 Jombang, kebermaknaan belajar menjadi landasan dalam mengembangkan program-program madrasah. Dengan pendekatan ini, siswa diharapkan dapat menginternalisasi nilai-nilai agama, moral, dan sosial sehingga mampu menghadapi tantangan zaman yang semakin kompleks.
Program-Program Unggulan Berbasis Kebermaknaan Belajar di MTsN 15 Jombang
1. Program Qiraatul Qur’an dan Pemahaman Al-Qur’an
Program Qiraatul bukan sekadar membaca Al-Qur’an dengan tartil, tetapi juga dilengkapi dengan pendalaman makna ayat-ayat suci. Siswa diajak memahami kandungan ayat dan relevansinya dengan kehidupan modern. Misalnya, dalam menghafal surat-surat pendek, siswa juga diberikan contoh penerapan nilai-nilainya, seperti toleransi, kesabaran, dan kasih sayang. Melalui program ini, siswa tidak hanya terbiasa membaca Al-Qur’an, tetapi juga memiliki kesadaran untuk menjadikan Al-Qur’an sebagai pedoman hidup.
2. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project-Based Learning)
Program ini memberikan ruang bagi siswa untuk belajar melalui proyek nyata yang relevan dengan kehidupan. Misalnya, dalam pelajaran IPA, siswa diminta untuk membuat karya ilmiah tentang pemanfaatan limbah menjadi produk ramah lingkungan.
Pendekatan ini membantu siswa mengasah keterampilan berpikir kritis, bekerja sama dalam tim, serta menghubungkan teori dengan praktik. Dengan cara ini, pembelajaran menjadi lebih menarik dan bermanfaat.
3. Program Kegiatan Ekstrakurikuler Inovatif
MTsN 15 Jombang menawarkan berbagai ekstrakurikuler seperti pramuka, seni, olahraga, dan keterampilan berbasis teknologi. Salah satu program unggulan adalah “Tech for Society,” di mana siswa diajarkan membuat aplikasi sederhana untuk menyelesaikan masalah di lingkungan sekitar.
Program ini memberikan wawasan kepada siswa tentang pentingnya teknologi dalam kehidupan dan bagaimana menggunakannya untuk hal-hal yang bermanfaat.
4. Penguatan Karakter melalui Kegiatan Keagamaan
Selain kegiatan belajar di kelas, MTsN 15 Jombang juga rutin mengadakan kegiatan seperti pengajian, istighotsah, dan peringatan hari besar Islam. Dalam setiap kegiatan, siswa diajak untuk merefleksikan nilai-nilai Islam dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.
Misalnya, pada momen peringatan Maulid Nabi, siswa tidak hanya diajak mengenal sejarah Nabi Muhammad SAW, tetapi juga belajar bagaimana meneladani akhlak beliau dalam berinteraksi dengan teman, guru, dan masyarakat.
5. Program Layanan Konseling dan Pengembangan Diri
Madrasah ini juga memberikan perhatian khusus pada pengembangan karakter siswa melalui layanan konseling. Guru Bimbingan Konseling (BK) berperan aktif membantu siswa mengenali potensi diri, mengatasi masalah pribadi, dan merancang masa depan yang lebih baik. Selain itu, ada program “Motivasi Inspiratif,” di mana siswa diberi kesempatan mendengarkan cerita sukses dari para alumni atau tokoh masyarakat. Kegiatan ini memberikan semangat dan inspirasi bagi siswa untuk terus belajar dan meraih cita-cita.
Hasil dan Dampak Kebermaknaan Belajar
Pendekatan kebermaknaan belajar yang diterapkan MTsN 15 Jombang telah membuahkan hasil yang positif. Siswa tidak hanya unggul dalam prestasi akademik, tetapi juga memiliki karakter yang baik dan kemampuan berpikir kritis. Banyak siswa yang berhasil meraih penghargaan di berbagai lomba, baik tingkat regional maupun nasional.
Selain itu, pendekatan ini juga menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan penuh makna. Guru-guru merasa lebih termotivasi karena melihat dampak nyata dari pembelajaran yang mereka berikan.
MTsN 15 Jombang telah membuktikan bahwa penerapan kebermaknaan belajar dapat menjadi strategi yang efektif dalam mencetak generasi berkarakter dan berprestasi. Melalui berbagai program unggulan, madrasah ini memberikan pengalaman belajar yang relevan, aplikatif, dan inspiratif bagi siswa.
Dengan terus berinovasi dan berkomitmen pada kebermaknaan belajar, MTsN 15 Jombang dapat menjadi inspirasi bagi madrasah lainnya dalam membangun pendidikan yang lebih bermakna dan berkualitas di masa depan.
Tinggalkan Balasan